Your Ad Here

“Cast Away Camping” Wisata Alternatif di Kepulauan Seribu

Kalau kita ingin berwisata dengan gaya anak muda, atau mungkin berwisata alternatif di Kepulauan Seribu, ada satu cara berwisata unik. Kita tak perlu menginap di resor wisata yang atau menginap di homestay. Cara berwisata ini dengan “camping” atau berkemah.

Masih ingat “cast away” film yang dibintangi Tom Hanks? Film ini menceritakan Tom Hanks yang terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni, dan kemudian mencoba bertahan hidup

Kalau kita ingin berwisata dengan gaya anak muda, atau mungkin berwisata alternatif di Kepulauan Seribu, ada satu cara berwisata unik. Kita tak perlu menginap di resor wisata yang atau menginap di homestay. Cara berwisata ini dengan “camping” atau berkemah.
Cast Away Camping ini, dari penelusuran pulauseribu.net di sejumlah “blogspot”, sudah dilakukan oleh beberapa komunitas penikmat wisata di pantai dan laut. Wisata ini dilakoni karena bisa mengirit biaya dan lebih menikmati suasana alam pulau seribu yang “perawan” dan jauh dari kebisingan dan keriuhan Kota Jakarta.

Untuk ber-”cast away camping” ini, sudah tentu adalah membawa pakaian secukupnya, perlengkapan renang, makanan instan yang mudah dimasak, alat memasak, dan sudah pasti tenda untuk tempat menginap. Lebih enak memang kalau kita beramai-ramai, supaya tidak dihinggapi rasa takut kala malam menjemput. Apalagi kalau kita camping di Pulau yang tak ada penghuninya.

Kalau kita malas berbelanja makanan instan, di Pulau Pemukiman banyak warung atau kios yang menjual makanan instan seperti mi, atau ikan kaleng. Minyak tanah untuk memasak juga bisa dibeli di Pulau Pemukiman ini.

Menuju Kepulauan Seribu, supaya murah, kita bisa menggunakan kapal transportasi reguler berupa kapal kayu. Kapal ini berangkat tiap hari dari sejumlah titik pemberangkatan seperti Muara Angke, Kamal Muara, Tanjung Pasir hingga Rawa Saban. Biayanya sekitar Rp 30.000 - 35.000 per orang.

Sesampai di Pulau Tujuan Kapal Transportasi Reguler ini, kita bisa menyewa kapal nelayan untuk diantar ke Pulau yang menjadi tempat Camping, seperti Pulau Semak Daun, Pulau Belanda, Pulau Panjang, Pulau Semut dan pulau lainnya di Kepulauan Seribu. Harganya, tinggal pintar-pintar kita bernegosiasi dengan sang pemilik kapal. Biasanya sekitar Rp. 100.000-an. Soal menjemputpun kita bisa atur dengan sang pemilik kapal.

Aktifitas yang bisa kita lakukan tentunya memancing supaya mendapat ikan untuk dibakar, berenang dan snorkeling. Memancing bisa kita lakukan di malam hari di dermaga (kalau ada dermaganya) atau siang hari. Kalau kita menyewa penuh kapal, kita tinggal memancing ke tengah laut.

Nah, tak salah kan kita mencoba wisata alternatif ini? Kalau mau tahu lebih banyak lagi, tinggal cari di internet dengan memakai mesin pencari (search engine) seperti google, yahoo!, dengan kata kunci Cast Away Camping. Panasaran kan?

0 comments: